Saturday 29 November 2008

CINTA

Lets talk about love… gitu materi KEPUTRIAN AKBAR tahun ini… Cinta, kalo udah ngomongin yang satu ini pasti semua akhwat jadi pada ‘waw’. Pengen tau lebih banyak lagi apa sih makna cinta itu?

Keputrian akbar kali ini diisi oleh seorang alumni 14 nama nya mba Judith. Aduh kalo udah ngomongin cinta rasanya gimana gitu. Abis dekat banget sih sama kehidupan kita,sama hati kita pastinya. Pokonya seru aja kalo udah ngomongin cinta

Jadi cinta itu gimana?
Aduh gimana ya, rumit… dari yang aku denger sih, cinta itu banyak banget definisinya. Waktu itu mba Judith nanya kesetiap orang yang ada di acara ini, “apa definisi cinta menurut kamu?”
1.Cinta itu fitrah
2.Cinta itu bisa bikin kita senang, sedih, kecewa, marah. Tergantung siapa yang kita cintai.
3.Cinta itu perasaan yang diberi sama Allah

Nah, banyakkan definisi cinta. Terus mba Judith bilang cinta itu nggak berdefinisi. Susah menggambarkan cinta itu seperti apa. Intinya cinta itu punya tingkatan yaitu ada tiga:
1.Pertama, cinta terhadap Allah dan rasul-Nya. Cinta ini seharusnya diletakkan pada posisi paling teratas. Mulailah dari mengenal Allah dan rasul-Nya (aku lagi belajar buat yang satu ini, agak sulit pengaplikasiannya tapi lagi berusaha. Doain yya)
2.Kedua, cinta sesama manusia. Cinta kepada orangtua, saudara, sahabat, atau lawan jenis (yang sudah halal)
3.Ketiga, cinta yang hina. Cinta berdasarkan syahwat, nafsu, yah pokoknya itulah. Cinta terlarang (hehehe)

Nah itu sih yang kutangkap dari materi keputrian akbar kali ini. Sebenernya masih banyak lagi penjelasannya, kalau mau lebih lengkap coba lihat di blognya mba Judith ya.

Terus ada sesi Tanya jawab juga nih:

1.Gimana kalo kita suka sama ikhwan karena ikhwan itu cinta sama Allah, dan dari situ kita kagum sama ikhwan itu?
Mba Judith says :
Jika awal cinta seperti itu coba lihat kembali ke niat. Dan jika kita sudah mencintai Allah pasti rasa kagum atau cinta kita terhadap ikhwan itu jadi tidak pada posisi pertama lagi. Dan jika kita sudah cinta sama Allah pasti cinta-cinta yang lain akan hilang dengan sendirinya, karena kita sudah tahu rasanya mencintai Allah dan mengenal-Nya.(ya kurang lebih begitulah kata mba Judith)

Nah, terus ada satu kata dari materi keputrian ini yang aku inget banget nih. Gini kata-katanya,”kalau akhwat bisa kenapa harus ikhwan?, ya cobalah banyak bergaul dengan akhwat. Akhwat kan juga bisa diajak curhat. Karena yang demikian ini bisa menghindarkan kita dari fitnah dan zina hati kan”.
Kenapa kata itu yang aku ingat, soalnya aku punya temen, dia itu kalau curhat nggak cukup sama akhwat aja tapi sama ikhwan juga, special sih kakak kelas ikhwan. Ya, dari curhat bisa turun ke hati kan( Jadi bener juga apa yang dibilang mba Judith). Emang sih dia bilang nya cuma temen, cuma nganggep kakak adik, tapi kan sapa yang tahu soal hati ini akan bermuara(ccaaahh). Bener nggak sih??
Ya, kalau menurut aku pribadi sih. Cinta itu fitrah, kita nggak bisa memungkirinya. Tergantung bagaimana cara kita agar dapat mengontrolnya. Cinta itu kan sebuah perasaan yang diberikan oleh Allah kepada umatnya, Jadi jangan mengotori apa yang telah diberikan sama Allah aja. Ya, misalnya gara-gara cinta nya bertepuk sebelah kelingking, jadi pengen bunuh diri(hah,pliz deh), atau cinta sama 'someone' jadi rela ngelakuin apa aja(hiiihh). Cinta kita bisa kita isi dengan yang lebih bermakna kan. Cinta Allah dan rasulNya(aku juga lagi mencoba), sahabat, saudara, orang tua. Jadi cinta itu BOLEH!!